Pisang Tongka langit Khas Maluku
Written by Administrator   
Monday, 14 January 2013 00:30

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_wisata_Pisang_tongkat_langit1.jpgBuahnya besar, berwarna kuning tua kecoklat-coklatan. Ukurannya tak cukup lazim bagi umumnya buah pisang. Tapi itulah yang ada dan dimiliki oleh Propinsi Maluku, pisang Tongka Langit. Rasanya yang merupakan kombinasi manis dan sedikit asam menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat Maluku.

pisangtongkalangit.jpgPisang Tongka sungguh unik lain karena cara tumbuhnya tidak turun ke bawah seperti pisang pada umumnya tetapi buahnya tumbuk memuncak ke arah atas makanya pisang ini dinamakan pisang tongkak yang artinya mengarah ke atas, keistimewaan pisang besar Tongkat Langit adalah garis tengah 6 cm menjulang ke langit.

Tanaman Pisang Tongka Langit umumnya mulai berproduksi pada umur 1-1,5 tahun dengan waktu berbunga sepanjang tahun. Masa panen bisa dilakukan pada umur tujuh bulan setelah berbunga dengan jumlah sisir/tandan tiga hingga enam serta pada masing-masing sisir terdapat enam sampai 13 buah. Jika sudah dalam keadaan masak, warna buahnya menjadi merah-orange dengan panjang 17-23 cm, berat 250-300 gram serta diameter 5-6,63 mm.  Pisang ini mempunyai tinggi 4-5 meter.

Pisang Tongka Langit dapat dikonsumsikan setelah matang benar (empuk, lembek ketika kita tekan. Bagi masyarakat Maluku jenis pisang ini hanya dimakan setelah direbus, digoreng dan dibakar (yang sudah matang). Orang Maluku, keberadaan pisang tongkak mulai dijadikan bahan makanan alternatif pengganti tepung terigu dan beras. Oleh mereka, pisang tongkak diolah menjadi tepung yang dapat dimanfaatkan menjadi aneka makanan dan kue.

Untuk mengurangi ketergantungan akan beras, Propinsi Maluku mencoba memanfaatkan bahan makanan non beras seperti tepung pisang, dan tentunya sagu.

Pisang bisa disebutkan sebagai buah kehidupan. Kandungan kalium yang cukup banyak terdapat dalam buah ini mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak.

Sangat nikmat jika sudah dalam kondisi sangat empuk/lembut, sehingga setelah dibakar terlebih dahulu (15 sampai 25 menit) sangat nikmat untuk dikonsumsikan.

Pisang Tongka langit Khas Maluku
Last Updated on Monday, 14 January 2013 00:35
 

Artikel Terkait

Link Website

Foto Lepas

By A Web Design Company

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini497
mod_vvisit_counterKemarin1033
mod_vvisit_counterMinggu ini3288
mod_vvisit_counterBulan ini1531
mod_vvisit_counterTotal332430

BPMD Facebook