Indahnya senja di pantai Nama, Pulau Kisar Maluku Tenggara
Written by Administrator   
Thursday, 23 February 2012 15:09

Bagaimana rasanya bila Anda mengunjungi salah satu pulau terluar di Indonesia? Menurut data ada delapan pulau yang dinyatakan sebagai pulau terluar di Indonesia, yaitu Pulau Kisar, Pulau Leti,

Pulau Liran dan Pulau Wetar yang berada dalam satu Gugus Kepulauan Barat Daya (termasuk Kepulauan Babar) dan secara administratif masuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Sedangkan Pulau Batek, Pulau Dana Sabu, Pulau Sophia Louisa dan Pulau Mangudu terletak di kawasan Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan negara Australia. Kita akan melihat satu diantaranya, yaitu Pulau Kisar yang luasnya hanya sekitar 75 kilometer persegi.

Seperti diketahui, Gugus Kepulauan Barat Daya, tahun 1999 bersama Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Barat Daya dimekarkan menjadi Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan kemudian pada akhir 2008 Gugus Kepulauan Barat Daya memisahkan diri lagi menjadi Kabupaten Maluku Barat Daya dengan ibukota interim di Wonreli, Pulau Kisar.

Pada bulan yang lalu, Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu,  mengunjungi pulau yang tepatnya terletak di Kecamatan Wonreli. Dalam kunjungan itu Karel terlebih dahulu menghadiri pertemuan di Balai Kecamatan bersama seluruh pejabat pemerintah di kota Wonreli, setalah itu melanjutkan perjalanan ke tempat bersejarah di pulau ini, yaitu sebuah tempat dimana pada jaman dahulu ada sebuah kerajaan yang bernama  Kerajaan Kisar. Pulau Kisar menyimpan kekayaan historis yang patut dilestarikan dan tentunya bisa digali untuk menjadi potensi wisata wilayah ini.

Sekarang bagaimana caranya mencapai Pulaui Kisar ? Nah, Anda harus terlebih dahulu sampai ke Bandara Pattimura, Ambon dan baru dari sana Anda menaiki pesawat Merpati kecil ke pulau Kisar yang bisa memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Masalahnya, pesawat kecil ini hanya ada pada hari-hari tertentu, jadi Anda harus jauh-jauh hari booking tiket terlebih dulu. Selain itu kapasitas pesawat juga terbatas, hanya untuk 20 orang. Harga tiket pesawat tidak mahal lho, hanya Rp. 335.000,- sudah termasuk airport tax.

Dari Bandara Kisar, tidak ada taksi, yang ada hanya  ojek (Rp. 15.000,- per orang) atau sewa mobil menuju tempat tujuan. Untuk mencapai kota Wonreli Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan untuk mencapai pantainya yang cantik, yang bernama Pantai Nama,  perlu waktu sekitar 15 menit. Pulau Kisar, sama seperti pulau-pulau lainnya di Maluku, adalah daerah penghasil ikan yang potensial. Keistimewaan pantai Nama adalah Anda bisa membeli ikan segar di sana dan bisa langsung dibakar dan disantap bersama-sama. Wah yang jelas nikmat sekali. Disamping itu, dari kota Wonreli Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi ke Pantai Yenhair yang ditempuh sekitar 45 menit.

Pulau ini memang cenderung cukup panas, tapi pemandangan dengan banyak pohon-pohon aren maupun pohon-pohon lainnya di kiri dan kanan, membuat pulau ini nampak hijadu. Tetapi bila tiba musim kemarau maka semua pohon menjadi layu dan nampak gersang sekali. Jalanan beraspal yang naik turun adalah pemandangan di pulau ini.
Nah, keistimewaan lainya dari Pulau Kisar adalah jeruknya yang manis dan segar dan hanya tumbuh di P. Kisar saja.

Indahnya senja di pantai Nama, Pulau Kisar Maluku Tenggara
Last Updated on Wednesday, 11 April 2012 14:38
 

Artikel Terkait

Link Website

Foto Lepas

By A Web Design Company

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini798
mod_vvisit_counterKemarin1033
mod_vvisit_counterMinggu ini3589
mod_vvisit_counterBulan ini1832
mod_vvisit_counterTotal332731

BPMD Facebook